Komoditas Tebu

Desa mrawan merupakan salah satu desa di kabupaten bondowoso yang memiliki potensi yang cukup besar dalam sektor pertanian. Salah satu komoditas lokal desa mrawan adalah tebu. Tebu merupakan salah satu jenis tanaman rumput-rumputan. Tanaman tebu di Desa Mrawan sejauh ini dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan gula pasir. Tebu-tebu tersebut akan dikirim ke Pabrik Gula Padjarakan untuk diolah menjadi gula. Bagian – bagian dari tanaman tebu digunakan secara konvensional sebagai pakan ternak dan  beberapa bagian lain seperti daun dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak.

Penanaman biasanya dilakukan pada bulan mei sampai dengan juli tergantung Pabrik Gula mulai melakukan aktivitas industrinnya. Penanaman dimulai dengan pembuatan parit dengan posisi tanam selang-seling. Mata tunas diposisikan pada bagian samping sehingga tanaman dapat tumbuh serempak, selanjutnya ditutup dengan pasir dan taburkan pupuk. Tanaman kemudian disirami air untuk kebutuhan pertumbuhannya.

Tanaman tebu juga perlu dilakukan perawatan. Perawatan ini meliputi penyiangan dan pembersian gulma. Pengairan juga diperlukan, dimana pengairan untuk tanaman ini dilakukan pada 2,5-3 bulan sekali pada musim kemarau, atau jika tidak dapat dilihat dari kondisi tanah disekitarnya.

Tebu yang telah berumur kurang lebih 12 bulan telah siap dipanen. Pemilihan umur ini adalah karena pada umur tersebut kandungan gula dalam tebu berada pada kondisi optimum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar