Komoditas Kelapa

Desa Mrawan, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso. Desa nan indah dan sejuk berada dijalan lintas kawah ijen. Desa Mrawan terkenal dengan hasil pertanian dan palawijanya, pertanian yang didominasi oleh tebu, dan padi ini juga diselingi dengan cabe rawit, tembakau, dan lain sebagainya. Lahan pertanian yang luas berbentuk petak-petak dengan berjajaran banyak pohon kelapa disepanjang jalan sawahnya. Kelapa yang dihasilkan desa Mrawan dapat dikatakan banyak karena disepanjang pematang sawah terdapat pohon kelapa dengan jarak rata-rata 5 meter, sehingga dapat dibayangkan berapa banyak kelapa yang dihasilkan jika panen kelapa tiba.

Buah kelapa yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dari semua hasil pohon dan buahnya, dari sabut kelapa yang bisa digunakan bahan bakar tungku, keset, kerajinan anyam, sapu kelud. Batok kelapa yang keras bisa digunakan menjadi berbagai kerajinan mulai dari gantungan kunci, gayung, dan media tanam anggrek.

Kandungan buah kelapa yang berisi daging buah dan cairan atau biasa disebut air kelapa yang biasa digunakan sebagai penyegar saat digunakan untuk es degan dengan tekstur lembut pada dagingnya dan manis pada airnya saat dalam keadaan muda (degan), selain es degan air kelapa muda juga bisa jadi penetral racun. Daging kelapa yang tua sudah memiliki tekstur keras dan biasa digunakan untuk diambil sarinya menjadi santan yang digunakan untuk bahan makaanan dan kue. Selain santan dan kue, daging kelapa yang tua juga bisa dikeringkan menjadi kopra dan diolah menjadi minyak kelapa sederhana, untuk airnya bisa diolah menjadi nata de coco.

Kelapa di desa Mrawan yang terkenal dengan kualitas dan kuantitasnya, kelapa didesa Mrawan jika panen akan sangat banyak dan bisa menjadi tujuan para pedagang kelapa dan juga para pengrajin kue yang membutuhkan kelapa sebagai bahan pokoknya. Kelapa didesa Mrawan biasanya dipanen sebulan sekali, tergantung dari kebutuhan konsumen yang membutuhkan kelapa muda (degan) atau kelapa tua untuk diambil saantannya. Dan paling banyak dicari adalah batangnya sebagai bahan bangunan (glugu) yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar